25 July 2008

Marketing Revolution ala Si Gagap

Pertama kali saya mendengar cerita ini dari kaset motivasi salah satu MLM besar di Indonesia (belakangan akhirnya saya tertarik juga untuk bergabung). Satu kenyataan yang saya pahami, kreatifitas tidak ada hubungannya sama sekali dengan keterbatasan seseorang. Bagaimanapun kondisi seseorang, selama masih mau berpikir dan bertindak, tujuan pasti tercapai, tidak peduli berapa lama perjalanan yang ditempuh. Saya ingat kata-kata pak Tung di kaset Financial Revolution "Tuhan mungkin menunda, tapi tidak menolak".

OK, selamat menikmati...

***********************
ada cerita, ada seorang bos di perusahaan buku ensiklopedi sedang menyiapkan rapat bulanan dengan staf-stafnya. Kemudian terdengar pintu di ketuk, dan masuklah seorang pemuda. "Ada perlu apa", tanya sang bos. "M..m..mau m..m..melamar p..p..p.. pekerjaan pak !", kata si pemuda. Sang Bos keheranan melihat si pemuda, kemudian bertanya,"Kamu mau kerja apa? Lah wong ngomong aja gagap gitu kok. Disini hanya mencari yang bisa ngomong, yang bisa jualan! Kamu tau, staf kita bisa menjual sebulan 10 ensiklopedi yang tebel itu aja udah bagus". "Ng.. ng.. nggak papa bos !.. ng.. ng.. nggak usah digaji bos. Kom..kom..komisi aja..". Sejenak sang bos berpikir, kemudian, "Oke, kamu saya terima. Tapi ingat, kamu nggak saya gaji. Kalo kamu bisa jualin 1 buku, baru saya kasih komisi. Gimana?". "O..o..ok..oke aja bos !.."

Singkat cerita, di akhir bulan, masing-masing staf marketing melaporkan hasil penjualan ensiklopedinya. Rata-rata mereka menjual 5-6 ensiklopedi perbulan. Hanya staf marketing yang terbaik saja yang bisa menjualkan hingga 10 ensiklopedi. Tiba giliran si gagap, sang bos bertanya,"Gagap, kamu bisa menjual berapa?". "Ti..ti..ti.. ". Belum selesai si gagap berbicara sang bos menyahut," tidak ada kan !?.. Ya saya sudah tau itu.. !"."Ti..tiga puluh bos !..." Lanjut si gagap. "Ha?? ti..ti..ti..tiga puluh ?.. "
Hehehe... rupanya gantian sang bos yang tergagap-gagap...

Anda tahu bagaimana sigagap menjual ensiklopedi tersebut?
Dia selalu menawarkan kepada siapa saja yang dia temui sambil berkata "Bos, a..a..a.. ada buku b..b..bagus bos !.. C..c..co..coba lihat.. "."Ka..ka..ka..kalo nggak percaya.., a...a...aku bacain.. ".

Hehehehe.... daripada nggak selesai-selesai dibacain sama si gagap, dibeli aja itu buku...

Dasar...

Isn't funtastic?

Salam,
Dani

0 comments:

Post a Comment